Jumat, 16 Desember 2016

PENJUALAN KREDIT

DESKRIPSI

Odoo dilengkapi dengan berbagai alat bantuk untuk memudahkan penanganan transaksi penjualan kredit perusahaan. Sistem penjualan kredit biasanya digunakan oleh para pengecer (retailer) dengan cara memberi kesempatan para pelanggannya untuk membeli produk secara kredit. Pelanggan yang mendapatkan fasilitas kredit sudah melalui seleksi berdasarkan kemampuan membayar kredit dan karakternya.

FUNGSI TERKAIT

Fungsi yang terkait dalam sistem penjualan kredit perusahaan adalah:
  • Fungsi kredit.
  • Fungsi penjualan.
  • Fungsi gudang.
  • Fungsi pengiriman.
  • Fungsi akuntansi.
  • Fungsi penagihan.
Fungsi Kredit. Dalam transaksi penjualan kredit, fungsi ini bertanggung jawab atas pemberian kartu kredit kepada pelanggan terpilih. Sebelum seorang pelanggan diberi kartu kredit, ia harus mengajukan permintaan permohonan kredit dengan mengisi formulir. Fungsi kredit tertugas mengumpulkan informasi termasuk kemampuan keuangan calon pelanggan (Customer) dan melaksanakan seleksi sesuai ketentuan perusahaan, sehingga mengurangi kemungkinan piutang tak tertagih. Fungsi Kredit bertugas untuk menginput data Customer ke dalam Sistem, dengan cara seperti di video berikut :

Fungsi Penjualan. Dalam sistem penjualan kredit, fungsi penjualan bertanggung jawab melayani kebutuhan pelanggan atas barang. Fungsi penjualan menginput data pesanan pelanggan mulai dari penawaran harga ke pelanggan (Sales Quotation), lalu mengkonfirmasi pesananan (Sales Order). SO yang dibuat fungsi penjualan, akan digunakan oleh fungsi gudang untuk menyediakan barang yang diperlukan pelanggan. Tutorial untuk memasukkan data Sales Quotation dan Sales Order dapat dilihat di video sebagai berikut :

Fungsi Gudang. Dalam sistem penjualan ini, fungsi gudang menyediakan barang yang diperlukan oleh pelanggan sesuai dengan yang tercantum dalam tembusan faktur penjualan kartu kredit yang diterima dari fungsi penjualan. Bagaiaman cara mempersiapkan barang sesuai Sales Order yang sudah di Confirm oleh fungsi penjualan, dapat dilihat di video tutorial sebagai berikut :

Fungsi Pengiriman. Fungsi ini bertanggung jawab untuk menyerahkan barang yang kuantitas, mutu, dan spesifikasinya sesuai dengan yang tercantum dalam Sales Order dari fungsi penjualan dan Delivery Order dari bagian gudang.  Fungsi ini juga bertanggung jawab untuk memperoleh tanda tangan dari pelanggan di atas faktur penjualan kartu kredit sebagai bukti telah diterimanya barang yang dibeli oleh pelanggan. Video tutorial untuk menggambarkan peran Odoo untuk mendukung fungsi pengiriman adalah sebagai berikut :

Fungsi Akuntansi. Fungsi ini bertanggung jawab untuk mencatat transaksi bertambahnya piutang kepada pelanggan ke dalam sistem berdasarkan faktur penjualan kredit yang diterima dari fungsi pengiriman. Di samping itu, fungsi akuntansi bertanggung jawab memastikan kebenaran pencatatan transaksi penjualan di dalam jurnal penjualan.

Fungsi Penagihan. Fungsi ini bertanggung jawab untuk membuat surat tagihan secara periodik kepada pelanggan kredit atas piutang mereka.

PROSEDUR

Rangkaian prosedur yang membentuk sistem penjualan kredit adalah sebagai berikut :
  1. Prosedur order penjualan.
  2. Prosedur pengiriman barang.
  3. Prosedur pencatatan piutang.
  4. Prosedur penagihan.
  5. Prosedur pencatatan penjualan.

Prosedur Order Penjualan. Dalam prosedur ini fungsi penjualan bertugas mengirimkan penawaran harga (Sales Quotation), menerima order dari pembeli (Purchase Order dari Customer) dan menambahkan informasi penting pembeli. Fungsi penjualan bertanggung jawab untuk menginput Sales Order dan meng-konfirmasinya (Confirm Sale) agar fungsi lain memberikan kontribusi dalam melayani pesanan dari pembeli.

Prosedur Pengiriman. Dalam prosedur ini fungsi gudang menyiapkan barang yang diperlukan oleh pembeli dan fungsi pengiriman mengirimkan barang kepada pembeli sesuai dengan informasi yang tercantum dalam faktur penjualan kartu kredit yang diterima dari fungsi gudang. Pada saat penyerahan barang, fungsi pengiriman meminta tanda tangan penerimaan barang dari pelanggan kredit. Bagian gudang, menginput data pengeluaran barang mengacu pada bukti penerimaan pelanggan.

Prosedur Pencatatan Piutang. Dalam prosedur ini fungsi akuntansi membuat faktur penjualan kredit dan memonitor catatannya di dalam sistem.

Prosedur Penagihan. Dalam prosedur ini fungsi penagihan menerima faktur penjualan kredit yang sudah dibuat oleh fungsi akuntansi. Secara periodik, fungsi penagihan membuat surat tagihan dan mengirimkannya kepada pelanggan kredit perusahaan, dilampiri dengan faktur penjualan kartu kredit.

Prosedur Pencatatan Penjualan. Dalam prosedur ini, fungsi akuntansi mengawasi transaksi penjualan kredit ke dalam jurnal penjualan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar